Minggu, 08 April 2012

Solusi Hemat Low-Bugdet Reception

Calon pengantin mana yang tidak ingin merayakan resepsi pernikahannya dengan megah dan besar-besaran. Namun, kembali lagi calon pengantin harus menyiapkan jumlah nominal yang cukup besar. 

Ada beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk menyiasati resepsi pernikahan dengan budget yang terbatas, diantaranya;

1. Membatasi jumlah tamu undangan.
Hal ini tentunya harus di diskusikan dengan kedua belah pihak, khususnya para orang tua yang ingin mengundang rekan kantor, relasi bisnis, dan lainnya.

2. Gaun Pengantin
Perlu dilakukan survey ke beberapa tempa bridal yang ada, apakah harga sewa dan beli selisihnya tidak terlalu kentara. Jika memang ingin bikin, perlu dibreak down kembali berapa biaya membeli bahan dan ongkos jahitnya. Harga yang paling murah lah yang dipilih tapi perhatikan juga kualitas bahannya yah.

3. Seragam keluarga, among tamu, dan penerima tamu
Pihak keluarga besar pengantin pastinya seragam dalam kebaya/gaun. Jika sewa atau beli pasti memerlukan pengeluaran yang besar. Disarankan, calon pengantin membeli bahan kain dengan warna sesuai tema, berikan kepada keluarga supaya dijahit masing-masing. Alasannya selain calon pengantin dapat berhemat, pihak keluarga juga bebas dalam menentukan model kebaya/gaun sesuai dengan seleranya masing-masing.

4. Mengurangi prosesi yang tidak perlu
Lagi-lagi harus di diskusikan dengan kedua belah pihak keluarga besar. Resepsi pernikahannya perlu memakai adat atau tidak? Toh, sebenarnya ada upacara adat atau tidak, hal itu tidak mengurangi kesahihan pernikahan karena sudah sah saat akad nikah/pemberkatan nikah. 

5. Mobil pengantin
Menggunakan mobil yang ada (jika memang ada), di dekorasi sendiri dengan bunga dan pita sudah cukup kok.

6. Mengurangi produksi cetak undangan
Dengan semaraknya jejaring sosial saat ini, hal ini dapat dimanfaatkan unuk penyebaran undangan kepada teman-teman khususnya yang berada di luar kota. Cetak undangan hanya untuk beberapa tamu undangan saja, seperti bos, relasi bisnis, teman orang tua.

7. Mengembangkan dan memanfaatkan teman
Manfaatkan teman di sini artinya lebih kepada meminta bantuannya jika memang ada teman yang punya bakat untuk nge-mc, bermain musik, nyanyi, nari, apapun itu. Meminta bantuan kepada teman tentunya akan mengurangi pos-pos pengeluaran. Hal ini juga menjadi ajang pengembangan bakat dan memperluas jaringan teman calon pengantin itu.

8. Fokus
Pastinya calon pengantin mempunyai konsep untuk resepsinya, bagaimana membuat konsepnya tetap berjalan dengan budget yang pas-pasan. Kuncinya adalah fokus pada satu hal. 
Contohnya : 
Tema dan konsep pengantin adalah 'Garden Party'.
Ada 2 sasaran yang menjadi fokus, yaitu Venue dan Dekorasi.
Venue yang dipilih harusnya memiliki halaman yang sesuai agar konsep ini bisa diaplikasikan.
Dekorasi adalah hal yang penting dalam Garden Party, khususnya penyediaan tenda agar terlindung dari panas dan hujan.

9. Paket
Dengan budget yang terbatas, calon pengantin harus pandai dalam memilah-milah vendor. Banyak vendor yang sudah menyediakan paket all-in sehingga calon pengantin tahu beres dan dalam koordinasi pun semua melalui satu orang. Namun, lagi-lagi harus diperhatikan dalam segi kualitas dan keprofesional. Tak jarang vendor yang menawarkan paket all-in ini bekerjasama dengan pihak lain, sehingga tidak terjamin dan tidak bertanggung jawab terhadap produknya.

10. Wedding Planner dan Wedding Organizer
Kata siapa dengan budget yang terbatas itu menggunakan jasa WO malah memberatkan.
Justru sebaliknya, penjelasan begini,
Calon pengantin yang masih sibuk bekerja tentunya memiliki dalam keterbatasan waktu. 
Sedangkan untuk mencari vendor yang sesuai dalam arti cocok dengan selera dan harga, memerlukan survey ke beberapa tempat.
Dengan menggunakan jasa Wedding Planner, Calon pengantin dapat berdiskusi dan konsultasi mengenai total budget yang sanggup dikeluarkan oleh calon pengantin. Wedding Planner lah yang bertugas merekomendasikan, mereferensikan, dan membantu mencari vendor yang sesuai dengan budget calon pengantin tanpa mengurangi atau keluar jalur dari tema dan konsep pernikahan itu sendiri.

Nah, itulah 10 hal yang bisa dilakukan untuk menyiasati budget terbatas dalam menyelenggarkan resepsi pernikahan. Semoga bermanfaat yah.
Jangan ragu hubungi kami untuk sekedar bertanya atau konsultasi mengenai pernikahan kalian. :)

- Happy Wedding Day-

Tidak ada komentar: